Langsung ke konten utama

Review Jurnal Referensi

 

1.    1.   Judul           : Memahami Persepsi Visual: Sumbangan Psikologi Kognitif Dalam Seni dan Desain

Tahun          :2014

Penulis        : Dr. Margaretha Margawati van Eymeren

Publikasi     : https://ejournals.umn.ac.id/index.php/FSD/article/view/387

 

Latar Belakang Penelitian :

Tulisan ini bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana psikologi kognitif menjelaskan terjadinya proses persepsi visual. Apa saja yang berada di alam semesta, dimana manusia termasuk di dalamnya, yang memungkinkan manusia dapat mengenali, memahami, mengkon[1]struksikan kembali hal-hal yang dialami kedalam sebuah karya kreatif berupa seni dan desain. Bagaimana lewat bias persepsi, proses kreatif dalam seni dan desain dapat mengarahkan persepsi ke[1]pada tujuan tertentu. Sekaligus memperlihatkan bagaimana manusia tetap memiliki cara kreatif dalam memanfaatkan bias persepsi untuk mengatasi pengarahan persepsi kepada tujuan tertentu.

 

2.   2.   Judul           : Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual

Tahun          :2003

Penulis        : Sumbo Tinarbuko

Publikasi     : https://ojs.petra.ac.id/ojsnew/index.php/dkv/article/view/16093         

Latar Belakang Penelitian :

Karya desain komunikasi visual mempunyai tanda berbentuk verbal (bahasa) dan visual serta merujuk bahwa teks desain komunikasi visual dan penyajian visualnya juga mengandung ikon terutama berfungsi dalam sistem non kebahasaan untuk mendukung pesan kebahasaan, maka pendekatan semiotika sebagai sebuah metode analisis tanda guna mengupas karya desain komunikasi visual layak diterapkan dan disikapi secara proaktif sesuai dengan konteksnya.

 

3.     3.  Judul           : Visual Branding : A Guide To Designing Visual Identity

Tahun          : 2018

Penulis        : Ly Dang

Publikasi     : https://www.theseus.fi/bitstream/handle/10024/159953/Thesis%20-%20Ly%20Dang.pdf?sequence=

           

Latar Belakang Penelitian :

Kerangka teoritis menyelidiki definisi merek, branding, dan tiga alasan utama mengapa visual branding itu penting. Bagian pertama ini terutama berfungsi Tujuannya adalah untuk membimbing pembaca melalui konsep yang paling dasar. Setelah itu, bab berikutnya mengeksplorasi konsep kunci identitas visual serta panduan praktis tentang cara membuat identitas visual secara efektif.

 

4.     4.  Judul           : Semiotika Visual : Sebuah kajian tentang ilmu tanda dalam kebudayaan kontemporer

Tahun          : 2018

Penulis        : Hasbullah Mathar

Publikasi     :  https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Komodifikasi/article/view/5499

Latar Belakang Penelitian

Ada satu tujuan komunikasi yang harus diingat yaitu tanda bermakna “ sesuatu”. Apa yang mereka maksud dengan tanda tanda, bagaimana mereka menggeneralisasikan arti dan bagaimana mereka menggunakan tanda tanda tersebut. Kata kata tak hanya berarti jenis tanda tanda. Sebagai pembanding atau gambaran yaitu adanya sebuah lukisan seni. Pada sebuah lukisan kanvas dan materi materi lain dipakai untuk sebuah citra yang menggambarkan sebuah hutan tropis atau gambaran mengenai ruang bercorak Victoria. Ada kebiasaan penata menyarankan kepada para pemirsa suatu kecenderungan dan gaya hidup tertentu. Sebagai contoh dalam cerita Barat kuno. Para pahlawan mengenakan pakaian putih dan para penjahat berpakaian hitam). Hal ini menjadikan anda tidak mengalami kesulitan untuk mengenal atau 39 membedakannya). Para aktor dan aktris merupakan orang – orang yang memerankan karakter karakter tertentu dan menghayati emosi-emosi tertentu

 

5.     5..  Judul           : Desain Grafis Sebagai Media Ungkap Periklanan

Tahun          : 2009

Penulis        : R. Kuncoro Wulan Dewojati

Publikasi     :  https://journal.uny.ac.id/index.php/imaji/article/view/6633

Latar Belakang Penelitian

Desain grafis lahir dari kebutuhan manusia akan komunikasi melalui bahasa visual sejak abad ke- 19 hingga jaman modern. Mulai dari penggunaan simbol-simbol sederhana sampai perangkat komputer yang canggih. Desain yang berakar dari senirupa murni yang kemudian berkembang menjadi fungsi identifikasi, informasi, instruksi serta Promosi dan Presentasi. Desain grafis adalah suatu media untuk menyampaikan informasi melalui bahasa komunikasi visual dalam wujud dwimatra ataupun trimatra yang melibatkan kaidah-kaidah estetik. Elemen-elemen desain yang utama terlibat dalam desain grafis adalah sebagai bahan pokok (ingredients) yang berupa : garis, huruf, bentuk (shape) dan tekstur. Sedangkan struktur (structure)-nya adalah pengorganisasian elemen-elemen desain tersebut. Struktur desain yang baik adalah hasil integrasi prinsip-prinsip desain yang akurat pada proses penempatannya. Prinsip-prinsip desain yang utama terdiri dari : keseimbangan (balance), kontras, unity, nilai (value) dan warna. Sebagai akibat dari proses interaksinya dengan dunia seni, sosial budaya, industri dan perdagangan, maka berbagai corak atau style desain grafis semakin kaya dan berwarna-warni.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semiotika dan Tanda dalam keseharian

 Berbicara mengenai tanda-tanda tidak bisa terlepas dari hal Semiotika, sebelum kita membahas perihal apa itu tanda, kitab isa mencoba menjabarkan tentang apa itu Semiotika. Semiotika digagas pertama kali oleh Ferdinand de Saussure. Namun Ferdinand De Saussure berfokus pada tanda – tanda dalam Bahasa, karena berkaca pada latar belakang De Saussure yaitu ahli linguistik yang membuat De Saussure lebih berfokus ke bagian Bahasa. Namun perjalanan Semiotika tidak hanya berhenti di De Saussure, setelahnya muncul juga ahli semiotika yang lain seperti Charles Sanders Peirce, yang menurunkan juga perihal Semiotika Visual yang akan dibahas juga di tulisan ini. Semiotika dikenal luas sebagai ilmu tentang tanda-tanda, semiotika juga dikenal sebagai ilmu yang membicarakan hubungan tanda-tanda dengan berbagai aspek diluar darri tanda. Semiotika itu sendiri terdiri dari Penanda dan Tinanda yang menjadi kerangka saat membahas tentang semiotika. Semiotika bekerja dengan cara memecahkan kandun...

Dari Berhati Sampai Ke Hati

  Gambar 1 . Cover Album "Berhati" (Sumber : Wikipedia) Sal Priadi adalah salah satu musisi kondang di tanah air yang memiliki nama asli Salmantyo Ashrizky Priadi, kelahiran 30 April 1992, Sal priadi yang meniti karirnya dari mulai merilis Cover dan lagunya yang diunggah di Soundcloud. Sal Priadi adalah salah satu musisi Favorit penulis karena lagu-lagu yang dibawakannya memilki lirik puitis yang memiliki makna yang dalam. Salah satu album yang dirilis Sal adalah Berhati yang rilis pada tanggal 20 Februari 2020 DI label rekaman Orang Pertunjukan dan Kijn. Album berhati ini memiliki cover yang menarik, yang memiliki unsur-unsur didalam foto yang menarik, yaitu bunga, api, dan juga kotak yang terlalap api. Cover Album ini saya Yakini memiliki makna yang teramat mendalam, karena dilihat dari lagu-lagu yang ada didalamnya juga memiliki judul-judul dan lirik-lirik yang bermakna dalam yang mengisahkan tentang sebuah hati yang mengalami berbagai macam rasa seperti tersakiti, tery...

Review 3 jurnal yang meneliti tentang Semiotika

1. Judul     :Kajian Semiotika Karya Lukis Hyperrealis Antoe Budiman Pada Lukisan Yang Cenderung Menghadirkan Visual Ayam Jago Tahun           : 2019 Penulis        :   Ayu Puji Handayani Publikasi      :  Searchgate.net Latar Belakang Penelitian  : Seni adalah bentuk komunikasi antara seniman dan penikmat karya yang kadang tidak tersampaikan dengan baik karena tidak semua penikmat karya paham dengan symbol-simbol yang ada dalam karya seni tersebut yang membuat penulis tergerak untuk melakukan penelitian dengan cara pendekatan melalui teori Semiotika Charles Sander Pierce Teori Utama   : Pada karya ilmiah ini, penulis menggunakan teori utama Semiotika yang diusung oleh Charles Sander Pierce Metode Penelitian  :   Pada penelitiannya, jurnal ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sampel Penelitian  : Penelitian mengambil sampel sebanyak 3 karya dari...